Friday, December 30, 2011

Proifl Sukses Cosa Aranda

cosa_redDia adalah idola saya, fans saya di dalam bisns online, karena ke sederhanaan nya dan kebaikan nya dalam berbagi info tentang bisnis online ,, baiklah silahkan simak profil dari cosa aranda :
Saya, Cosa Aranda, mulai mengenal dunia internet sejak tahun 1996. Warnet Wasantara Net yang ada di kantor pos Jemursari menjadi tempat persinggahan rutin kala itu. Meskipun kalau dipikir-pikir, gak jelas juga saat itu browsing di internet buat apa, hehehe. Di tahun itu juga saya diterima sebagai mahasiswa S1 Tehnik Komputer di ITS Surabaya melalui jalur UMPTN. Namun karir sebagai mahasiswa di sana hanya bertahan 2 tahun karena pada akhir semester 4 saya di-DO karena jarang masuk kuliah :)
Sempat bekerja sebagai sales dan teknisi komputer serabutan, akhirnya saya diterima sebagai pekerja kantoran di tahun 1999. Profesi saat itu adalah sebagai copywriter merangkap game tester (ya, salah satu jobs description mewajibkan saya untuk ngegame!) merangkap webmaster dan web programmer sebuah portal game yang cukup populer. Dari pekerjaan sebagai webmaster itu akhirnya saya banyak bersentuhan lagi dengan dunia internet, termasuk berkenalan dengan bisnis internet di tahun 2000 ketika saya membuka situs jualan saya yang pertama.
Kualitasnya? Jangan tanya, hanya berupa satu halaman depan berisi pengenalan dan info pemesanan, serta tautan untuk mengunduh katalog produk :)
‘Niche’ dagangan saya yang lumayan laris waktu itu (saya sempat memilii dua ‘anak perusahaan’ dan bekerjasama dengan sebuah majalah) rupanya menarik banyak peminat, termasuk seorang investor yang menawarkan kontrak kerjasama dengan menyediakan modal untuk membuka toko di sebuah mall ternama di Surabaya. Yah, namanya anak muda sok tahu, prinsipnya adalah biar susah yang penting jadi bos, hehehe. Tawaran tersebut saya tolak.
Beberapa bulan kemudian akhirnya usaha toko online tersebut bangkrut, kalah bersaing dengan pemain-pemain baru yang punya modal segepok. Meskipun gagal, saya mendapat pelajaran berharga waktu itu, bahwa bisnis di internet memiliki potensi yang sangat besar. Saya ingat, saya mulai membuka toko online dengan modal tabungan saya di bank sejumlah 1.5 juta rupiah. Selama kurun waktu 6 bulan pertama, omzet yang masuk mencapai 60 juta. Lumayan loh untuk ukuran tahun 2000 itu :)
Perjalanan hidup berlanjut dengan masuk ke STIKOM Surabaya jurusan Sistem Informatika (sekarang Sistem Informasi, dan sampai sekarang saya juga belum lulus). Untuk menambah-nambah uang saku, saya mencoba ‘mengkaryakan’ sumber daya sisa toko online sebelumnya dalam beberapa usaha offline yang buntut-buntutnya gagal juga karena besar pasak daripada tiang, hahaha.
Dengan kondisi keuangan yang tidak bisa dibanggakan, saya bersinggungan lagi dengan dunia bisnis internet. Tepatnya di tahun 2002. Sebuah bisnis yang kelihatannya tidak masuk akal waktu itu, bisnis PTC (Paid To Click). Bagaimana bisa dinalar, jika hanya dengan mengklik iklan (dan membangun jaringan) saja kita bisa mendapat dolar? Namun ternyata fakta berbicara. Bisnis PTC booming dan penghasilan bulanan saya dari PTC sudah cukup untuk membayar biaya kuliah, biaya transport, biaya makan-makan, dan biaya pacaran, hehehe.
Tapi inilah kejamnya dunia internet. Sesuatu yang easy come, bisa juga easy go. Berkat bantuan para scammer yang merajalela, bisnis PTC mengalami kejatuhan total di tahun 2003. Tidak sedikit investasi saya yang hangus percuma, namun syukurlah, persediaan tabungan masih mencukupi hingga tahun 2005, dimana saya berkenalan dengan blog dan Google AdSense.
Bulan Februari membuat blog, bulan April mendaftarkan diri dan pertama kali memasang Google AdSense, dan bulan September pertama kali penghasilan saya di sana menembus angka $1,000 per bulan.  Dan mungkin yang membuat akhirnya banyak orang mengenal saya adalah ketika angka tersebut berubah menjadi $4,000 per bulan di bulan Desember 2005.
Harus diakui bahwa Google AdSense memang telah mengubah hidup saya. Dari yang blognya sepi hingga rame pengunjung. Dari yang dulunya cuman bisa makan steak tiap setahun sekali (pas ultah) hingga bisa tiap hari (kalau mau). Dari yang dulunya tidak dikenal orang di jalan hingga sekarang… tetep aja gak dikenal orang di jalan, hihihi.
Jika dihitung semenjak tahun 2001, sekarang sudah melewati tahun ke-8 saya menjadi pebisnis internet. Dari memonetisasi blog, menjadi affiliasi, membuat situs berbasis keanggotaan, membuat layanan monetisasi, hingga berjualan produk digital buatan sendiri. Dari CosaAranda.Biz, Reviewmu.Com, hingga sekarang PanduanDasar.Com. Dari diwawancarai koran, majalah, radio, hingga diliput di televisi. Dari bangkrut, gagal, hingga sukses. Semua sudah saya jalani.
Saya mencintai bisnis internet, saya bangga menjadi salah satu pebisnis internet di Indonesia, dan saya ingin agar lebih banyak lagi pebisnis internet Indonesia  yang sukses! Situs ini, PanduanDasar.Com, adalah salah satu usaha saya untuk mewujudkannya, dengan menyediakan artikel dan produk berkualitas seputar bisnis internet, dengan satu tujuan, membantu mereka-mereka yang mau berusaha untuk berada di jalur sukses yang benar.
Mari bersama kita meniti jalur kesukesan.

Thursday, December 29, 2011

7 Cara Mengatasi Takut Gagal




Memiliki perasaan takut gagal mungkin sesuatu yang wajar. Namun jika terus terkungkung oleh perasaan itu hingga tak pernah bisa melakukan apa-apa, perlu diwaspadai. Orang seperti ini hanya mau bermain di area safe. Namun sebenarnya bermain di area safe pun memiliki risiko besar. Setidaknya ia tak akan beranjak dari kondisinya saat ini.
Sebenarnya, ketakutan itu hanya karena orang terlalu underestimate terhadap kemampuannya.Nah, strategi berikut akan membantu mengatasi ketakutan gagal dan menumbuhkan keberanian.

1. Pertimbangkan ongkos yang harus dipikul jika kita melewatkan peluang yang berada di hadapan. Misalnya, kita tak akan bisa mengatasi masalah keuangan yang sedang kita hadapi padahal masalah ini telah mengganggu begitu lama. Atau jika tak diambil, kita tak akan pernah dipromosikan jadi manajer, direktur atau jabatan penting lainnya.
2. Lakukan penelitian untuk menemukan sisi baik dan buruknya dari suatu kesempatan. Ketidaktahuan adalah sumber terbesar dari ketakutan. Ketika kita tidak tahu apa yang sedang kita hadapi, konsekuensi yang kita hadapi akan selalu tampak lebih besar dari kondisi sebenarnya. Karena itu tumbuhkan keberanian atau minat untuk mencari tahu apa yang sedang kita hadapi. Lakukan riset. Dengan cara ini kita akan menemukan sisi baik dan buruknya dari kesempatan yang tengah dihadapi sehingga kita bisa tahu apa saja risikonya.
3. Tampilkan skenario terburuk. Jika kita mengejar suatu impian dan tenyata gagal meraihnya, seberapa lama mental kita akan pulih untuk kembali hidup normal atau berani mengejar kesempatan lain? Umumnya kemampuan kita pulih jauh lebih cepat dari perkiraan kita.
Misalnya kita adalah karyawan suatu perusahaan, namun merasa tidak betah berada di sana karena berbagai alasan. Namun untuk berhenti dan mencari pekerjaan baru takut tidak akan mendapatkannya atau kalaupun mendapatkannya pasti akan diraih setelah sekian lama mencarinya. Padahal seringkali jika mencobanya, tak akan begitu lama atau begitu sulit pekerjaan baru akan didapat.
4. Memahami manfaat kegagalan. Ada peribahasa, hidup adalah serangkaian percobaan, makin sering kita mencobanya makin baik kehidupan bisa kita raih. Setiap kegagalan adalah percobaan untukmelakukan sesuatu, semacam eksperimen, serta juga merupakan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.Bahkan jika kegagalan itu berakibat pada kerugian finansial, manfaatnya dapat dikonversi sebagai bahan pelajaran yang jauh lebih mahal dari kerugian keuangan yang kita dapat.
5. Membuat rencana alternatif. Cara lain untuk mengatasi ketakutan akan kegagalan adalah dengan mengurangi sisi negatifnya. Atasi risikonya dengan membuat rencana alternatif. Jika pilihan pertama gagal, kita dapat mempertahankan status quo dengan rencana cadangan yang solid. Berani gagal bukan berarti kita harus mengambil risiko kehilangan semuanya. Jika kita mengelola risiko dengan cerdas, kita dapat mengambil manfaat dari peluang yang memiliki risiko tinggi sambil kita menebar jaring penyelamat untuk berjaga-jaga agar kita tak jatuh terpuruk.
6. Take action. Cara terbaik untuk mengurangi rasa takut dan membangun kepercayaan diri adalah denganmengambil  tindakan (take action). Begitu kita melakukannya, kita akan mulai mengumpulkan pengalaman dan pengetahuan. Semuanya sulit pada saat melakukannya pertama kalinya. Ini seperti melompat dari tebing ke dalam danau. Setelah kita melakukannya sekali, kita akan melihat bahwa air tersebut aman dan setiap kali kita mencobanya lagi segalanya akan berjalan lebih mudah. Karena itu take action. Mulailah dengan langkah kecil sambil membangun kepercayaan diri sampai takut gagal bisa kita atasi sebaik-baiknya.
7. Membakar perahu. Ini pepatah Yunani kuno. Ketika tentara Yunani melintasi laut untuk berperang, hal pertama yang mereka lakukan setelah mendarat adalah membakar perahu mereka sendiri. Dengan cara ini tak ada jalan untuk pulang. Satu-satunya jalan adalah maju berperang dengan upaya mati-matian. Begitu pun kala mengejar apa yang kita inginkan. Dengan tak punya alternatif lain kita akan mati-matian mengejar peluang yang ada.

Nah, mari atasi ketakutan, sukses sudah menanti. Ketakutan terjadi hanya karena kita underestimate terhadap kemampuan kita sendiri.

Orang Super Kaya Tetapi Tak Punya Rumah




Menjadi kaya mungkin keinginan semua orang. Namun menganggap semua orang kaya pasti punya rumah mewah, tak sepenuhnya benar. Nicolas Berggruen contohnya. Hidup itu pilihan.
  Berggruen yang lahir di Paris pada 10 Agustus 1961 merupakan salah satu orang yang masuk dalam daftar 1000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Kekayaannya ditaksir sebesar US$ 2,3 miliar, atau sekitar Rp 20 triliun.
Dengan kekayaan sebanyak itu, ditambah berwajah tampan, seharusnya apa pun yang diinginkan bisa ia dapatkan demi kebahagiaan hidup. Ia bisa memiliki istri cantik dan rumah mewah seperti para billionaire lain dapatkan. Ternyata ia menjalani hidup berbeda. Ia tak punya istri dan juga tak punya rumah.Ia memilih menjadi seorang kaya yang masuk kategori "Homeless Billionaire" alias seorang miliarder yang tak memiliki rumah.
Nicolas lahir dari keluarga kaya. Ayahnya adalah Heinz Berggruen, seorang dealer dan kolektor benda-benda seni. Ibunya seorang artis Jerman terkenal bernama Bettina Moissi.
Berggruen memulai kiprahnya di dunia bisnis dengan mendirikan usaha sendiri setelah ia lulus kuliah. Modalnya sebesar US$ 250.000. Usahanya bergerak di bidang investasi mulai dari properti hingga jual-beli perusahaan. Kini modal sebesar itu sudah berkembang menjadi US$ 2,3 miliar yang menunjukkan bahwa ia seorang pengusaha tulen.
Sukses di karier tak merambat di kehidupan pribadinya. Ia dikabarkan dekat dengan model-model dan artis terkenal dunia, namun tak satu pun yang berakhir menjadi istrinya. Kenapa ia tak memilih salah satunya jadi istri? "Saya tidak dapat mencurahkan cukup energi dan waktu dan pengabdian pada mereka," katanya.
Berggruen hidup dari hotel ke hotel
Entah karena tak memiliki istri atau ada alasan lain, ia kemudian memilih tak memiliki rumah dan harta benda lainnya. Ia lebih suka berpindah-pindah tempat dan tinggal di hotel bintang lima. Tahun ini saja ia berpindah-pindah tempat tinggal dari hotel ke hotel di 14 negara dengan hanya menenteng kantong plastik kecil sebagai bawaannya. Sedangkan sarana transportasinya adalah jet pribadi. Ia tak memiliki mobil. Mungkin ini memang sudah pilihan atau prinsip hidupnya. "Saya tahu, umumnya manusia ingin memiliki tempat tinggal dan sesuatu untuk dipamerkan. Tetapi saya tidak tertarik," katanya.
(Dari berbagai sumber)

Cara Simpel Mengevaluasi Diri



Pernahkah kita mengevaluasi hasil kerja kita? Apakah hasilnya sesuai, melebihi, atau di bawah harapan?
Sayangnya, sedikit dari kita yang mau meluangkan waktu untuk mengevaluasinya. Mungkin kisah bocah berikut bisa membuat kita berubah.
Seorang bocah laki-laki masuk ke sebuah toko obat. Ia mengambil peti minuman dan mendorongnya ke dekat pesawat telepon koin. Lalu, ia naik ke atasnya sehingga ia bisa menekan tombol angka di telepon dengan leluasa. Ditekannya tujuh digit angka. Si pemilik toko mengamati-amati tingkah bocah ini dan menguping percakapan teleponnya.
Bocah: Ibu, bisakah saya mendapat pekerjaan memotong rumput di halaman Ibu?
Ibu (di ujung telepon sebelah sana): Saya sudah punya orang untuk mengerjakannya.
Bocah: Ibu bisa bayar saya setengah upah dari orang itu.
Ibu: Saya sudah sangat puas dengan hasil kerja orang itu.
Bocah (dengan sedikit memaksa): Saya juga akan menyapu pinggiran trotoar Ibu dan saya jamin di hari Minggu halaman rumah Ibu akan jadi yang tercantik di semua rumah di Palm Beach, Florida.
Ibu: Tidak, terima kasih.
Dengan senyuman di wajahnya, bocah itu menaruh kembali gagang telepon. Si pemilik toko, yang sedari tadi mendengarkan, menghampiri bocah itu.
Pemilik Toko: Nak, aku suka sikapmu, semangat positifmu, dan aku ingin menawarkanmu pekerjaan.
Bocah: Tidak. Makasih.
Pemilik Toko: Tapi tadi kedengarannya kamu sangat menginginkan pekerjaan.
Bocah: Oh, itu, Pak. Saya cuma mau mengecek apa kerjaan saya sudah bagus. Sayalah yang bekerja untuk Ibu tadi!

Ambil Kebaikannya, Bukan Keburukannya

Dari ayam, keluar 2 hal yang sangat berbeda, yaitu telur dan kotoran ayam. Seorang peternak, setiap pagi akan mengambil telur-telur ayam dan meninggalkan kotorannya di kandang, hingga membusuk dan menjadi pupuk. Kemudian, peternak akan mengambil pupuk itu untuk tanaman, sehingga keduanya bermanfaat.
 
Demikian juga dari hidup kita sebagai manusia, "keluar" 2 hal yang sangat berbeda, yakni kebaikan dan keburukan. Seperti peternak di atas, mari kita ambil hanya kebaikannya. Bawa kebaikan itu dalam hidup kita dan pakai untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain. Lupakan keburukannya, biarkan keburukan itu membusuk di tempatnya. Lalu, jadikan keburukan itu sebagai "pupuk" kehidupan.

Apa akibatnya, jika kita "salah ambil" (mengambil keburukan dan menyimpannya)? Kehidupan kita bisa hancur (baik kehidupan pribadi, keluarga, maupun masyarakat).

Ingat...

"Ambil telurnya, bukan kotorannya. Ambil kebaikan dalam hidup (termasuk kebaikan orang-orang terdekat Anda), bukan keburukannya."

Salam sukses luar biasa!

Nasihat Kaya dari 5 Orang Terkaya

Seandainya uang di seluruh dunia dikumpulkan, lalu dibagikan secara merata kepada semua orang, 2 hingga 5 tahun mendatang uang itu akan kembali pada mereka yang memiliki pola pikir kaya.
Orang kaya memang memiliki pola pikir (mind set) yang berbeda. Lalu apa nasihat orang-orang kaya yang bisa diambil dan diterapkan? Berikut 5 nasihat kaya dari orang-orang terkaya.
1. Donald Trump
Pengusaha real estate terkemuka Amerika ini punya nasihat menarik. "Pengalaman mengajarkan saya beberapa hal. Pertama, adalah untuk memiliki keberanian, apa pun kondisi yang terlihat dari angka di atas kertas. Kedua, pada umumnya lebih baik kita tetap melekat pada apa yang kita tahu. Dan ketiga, kadang investasi yang paling baik adalah dengan tidak berinvestasi."
2. Will King
Sebagai pengusaha yang memulai dari bawah, Will King, pengusaha alat cukur "King of Shaves", punya nasihat sederhana. "Ketika kamu berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan besar yang dengan mudah menggelontorkan uang, kamu harus benar-benar bisa tampil beda. Kamu harus bisa ber-zig, ketika mereka ber-zag."
3. Thomas J. Watson
Mantan CEO IBM yang berjuluk salesman terhebat di dunia itu memaparkan, "Jangan berteman dengan orang yang hanya membuat kita nyaman. Tapi carilah teman yang bisa mendorong kita untuk berani mencapai jenjang lebih tinggi."
4. Jeff Bezos
Apa kata Jeff Bezos, pendiri Amazon.com agar seseorang bisa kaya? "Jika kamu berhasil membangun pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan, mereka akan menceritakan hal itu pada pelanggan lainnya. Kekuatan informasi dari mulut ke mulut sangat luar biasa!" 
5. David Ogilvy
Pengusaha periklanan paling sukses di dunia ini punya rahasia sukses. "Dalam dunia bisnis yang modern, menjadi seorang yang kreatif dan mampu menghasilkan ide yang orisinal tak akan berguna, kecuali kita juga bisa menjualnya!"
________________________
Artikel ini diambil dari tulisan "Nasihat Kaya dari 15 Orang Terkaya" yang terdapat di majalah LuarBiasa edisi Januari 2012 yang bertema "Build Your Success Character". Dapatkan tulisan lengkapnya di edisi tersebut. Majalah motivasi ini bisa diperoleh di toko-toko buku terdekat di kota Anda. Untuk pemesanan: (021) 33445555, free ongkos kirim untuk Jakarta. Info: www.majalahluarbiasa.com

Tuesday, December 27, 2011

8 Tanda Dia Jodoh Anda

Tanda bahwa ia Benar-benar jodohmu. Dua manusia yang merasa saling berjodoh pasti memiliki ikatan emosional, spiritual dan fisik antara keduanya. Hanya dengan menatap matanya, kita akan merasakan getaran dan seolah ingin terus bersamanya. Benarkah seperti itu?

Lalu, apakah ada penanda lainnya agar seseorang bisa merasakan bahwa si dia jodoh kita atau bukan?

Nah, agar Anda tak terus penasaran, berikut ini pakar relationship sekaligus penulis buku 21 Ways to Attract Your Soul Mate, Arian Sarris memberikan
rahasianya:

± Pertanda 1.

Rahasia sepasang kekasih agar bisa memiliki umur hubungan yang panjang adalah adanya saling berbagi. Anda dan dia selalu bisa saling membantu, entah itu pekerjaan sepele atau besar. Paling penting adalah Anda berdua selalu bisa menikmati segala aspek kehidupan secara bersama-sama. Dan semuanya terasa amat menyenangkan meskipun tanpa harus melibatkan orang lain. Nah, apakah Anda sudah merasakan hal tersebut?

Jika ya, selamat berarti ada harapan bahwa dia adalah calon pendamping hidup Anda!

± Pertanda 2.

Salah satu kriteria yang menentukan cocok tidaknya dia itu jodoh Anda atau bukan adalah kemampuannya bersikap santai di depan Anda. Coba sekarang perhatikan, apakah gerak geriknya, caranya berpakaian, gaya rambutnya, caranya berbicara serta tertawanya mengesankan apa adanya? Apakah setiap ucapannya selalu tampak spontan dan tidak dibuat-buat?

Jika tidak, (maaf) kemungkinan besar dia bukan jodoh Anda.

± Pertanda 3.

Adanya kontak bathin membuat hati Anda berdua bisa selalu saling tahu. Dan bila Anda atau si dia bisa saling membaca pikiran dan menduga reaksi serta perasaanya satu sama lainnya pada situasi tertentu?

Selamat! Mungkin sebenarnya dialah belahan jiwa Anda yang tersimpan...

± Pertanda 4.

Bersamanya bisa membuat perasaan Anda menjadi santai, nyaman tanpa perasaan tertekan. Berjam-jam bersamanya, setiap waktu dan setiap hari tak membuat Anda merasa bosan..

Ini bisa sebagai pertanda bahwa Anda berdua kelak bisa saling terikat.

± Pertanda 5.

Dia selalu ada untuk Anda dalam situasi apapun. Dan dia selalu bisa memahami cuaca dalam hati Anda baik dalam suka dan duka. Percayalah pasangan yang berjodoh pasti tak takut mengalami pasang surut saat bersama. Sekarang, ingat-ingat kembali. Apakah dia orang pertama yang datang memberi bantuan tatkala Anda dirundung musibah? Dia selalu paham saat PMS Anda datang menyerang? Dia tau keadaan waktu anda sakit?

Jika ya, tak salah lagi. Dialah orangnya...

± Pertanda 6.

Dia tak terlalu peduli dengan masa lalu keluarga Anda, dia tak peduli dengan masa lalu Anda saat bersama kekasih terdahulu. Dia juga tak malu-malu menceritakan masa lalunya..

Nah, kalau begitu ini bisa berarti dia sudah siap menerima Anda apa adanya..

± Pertanda 7.

Setiap orang pasti memiliki kekurangan, dan Anda tak malu-malu memperlihatkannya pada si dia. Bahkan pada saat Anda tampil 'buruk' di depannya sekalipun, misalnya saat Anda bangun tidur atau saat Anda sakit dan tak mandi selama dua hari.

± Pertanda 8.

Bila Anda merasa rahasia Anda bisa lebih aman di tangannya daripada di tangan sahabat-sahabat Anda. Atau Anda merasa sudah tak bisa lagi menyimpan
rahasia apapun darinya?

Maka berbahagialah! Karena ini bisa berarti pasangan sejati telah Anda temukan!

ˆ⌣ˆ Apakah kedelapan pertanda di atas telah Anda temukan padanya?

9 Tips Mempererat Hubungan yang Bisa Dipelajari Dari Alam

Pendekatan dengan seseorang atau istilah yang umum PDKT, tidak hanya hanya bisa kita pelajari dari sesama manusia saja. Beberapa cara binatang untuk mempesona lawan jenisnya juga bisa dijadikan pelajaran. Simak sembilang tips PDKT ini, seperti dirangkum dari Care2.

1. Berbaur Seperti Pinguin.

Di akhir musim semi, para pinguin jantan berkumpul membentuk koloni untuk menunggu pinguin betina. Ketika para pinguin betina datang, para pinguin jantan melakukan aksi untuk menarik para betina sampai mereka menemukan pasangannya masing-masing. Jadi, selama masih single, berbaurlah dengan teman-teman pria single lainnya. Siapa tahu, dari sekian banyak teman pria, ada satu orang yang berpotensi jadi pasangan Anda.

2. Tampil Menarik Seperti Burung Merak.

Merak jantan akan menarik sang betina dengan memamerkan ekornya yang sangat mempesona. Tiru gaya menarik perhatian lawan jenis dari burung merak jantan tersebut. Berpenampilanlah sebaik mungkin, agar mendapatkan nilai tambah di awal pertemuan.

3. Berjiwa Petualang Seperti Kumbang.

Kumbang selalu membuat sebuah gumpalan dari tanah dan material lainnya yang dia lewati sepanjang jalan. Jiwa petualang kumbang bisa dicontoh dalam kehidupan manusia dengan berkencan ke tempat-tempat yang menarik dan memacu adrenalin.

4. Tetap Tenang Seperti Kupu-kupu.

Kupu-kupu betina jenis Squinting Bush Brown, berusaha tetap tenang saat kupu-kupu jantan mendekat ke arahnya. Hal ini semakin membuat kupu-kupu jantan semakin agresif mengejar kupu-kupu betina. Tirulah sikap si kupu-kupu betina tersebut. Meskipun Anda grogi saat kencan pertama dengan calon pasangan, berusahalah terlihat tenang dan sewajar mungkin. Semakin Anda tenang, semakin dia penasaran.

5. Menjaga Kebersihan Seperti Bowerbird.

Bowerbird adalah burung yang terkenal rapi dan penyuka kebersihan. Dia menarik lawan jenisnya dengan memamerkan sarang burung yang rapi, bersih dan penuh hiasan warna-warni. Bersihkanlah rumah Anda, undang pasangan Anda untuk makan malam di rumah dan pamerkan betapa bersih dan rapinya tempat tinggal Anda.

6. Move Like Sea Dragon (Kuda Laut).

Bukan hanya Mick Jagger yang mampu menari dengan atraktif. Seekor kuda laut juga melakukan tarian atraktif untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Saat di sebuah konser atau acara, gerakkanlah tubuh Anda mengikuti irama musik, buatlah semua mata kagum dengan gerakan yang Anda buat.

7. Bernyanyi Seperti Koala.

Saat musim kawin tiba, koala jantan akan bernyanyi untuk menarik perhatian koala betina. Walaupun mungkin suara Anda tidak terlalu bagus, trik ini bisa Anda gunakan untuk menarik calon pasangan Anda. Pilihlan lagu kesukaannya saat Anda berdua sedang berkaraoke dan nyanyikanlah lagu tersebut untuknya. Pasti dia akan terpukau.

8. Memberikan Makanan Kepada Pasangan Seperti Burung Robin.

Ada pepatah yang mengatakan jalan menuju hati seorang pria adalah melalui perutnya. Strategi seperti ini juga dijalankan oleh burung Robin dan Kardinal. Mereka menarik lawan jenisnya dengan memberikan hadiah berupa cacing. Untuk Anda, sesekali kejutkan si dia dengan memberi hadiah berupa makanan favoritnya, atau cobalah untuk belajar memasak menu kesukaan si dia.

9. Menunjukkan Kegigihan Seperti Landak.

Landak adalah binatang yang cukup keras kepala dalam masalah percintaan. Sang betina tidak dapat ditaklukkan hanya dengan atraksi dari sang jantan. Sang jantan harus menunjukkan kegigihannya dalam waktu yang cukup lama sampai sang betina luluh. Anda juga bisa meniru cara mendekati pasangan dari landak jantan. Tunjukkanlah perhatian Anda kepada pria yang Anda suka, buatlah dia nyaman dengan perhatian Anda. Lama kelamaan si dia sendiri yang akan mencari Anda.

Silahkan disaring mana yang menurut anda cocok dan tidak cocok untuk anda lakukan.. dan ambil permisalan yang lebih baik menurut anda..

Cinta Tidak Sesuai Dengan Yang Diharapkan Dari Si Dia?

Seseorang yang normal pasti pernah merasakan yang namanya jatuh cinta, tetapi bagaimana kalau waktu melakukan "mengungkapkan perasaan cinta" ke orang yang anda cintai, tetapi ternyata anda di tolak? pasti hati anda akan kecewa sekali, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Seperti dilansir wolipop dari sheknows, ada tiga obat mujarab untuk mengatasi rasa kecewa atas penolakan cinta:

1. Jangan Meratapi Nasib.

Bermuram durja karena ditolak pria yang Anda cintai tidak akan membantu apapun. Anda tentu boleh saja kecewa, itu adalah hal yang sangat wajar. Tapi cobalah untuk tidak menganggap situasi itu terlalu serius. Daripada merenungkan kenapa pria tersebut tidak menghubungi Anda lagi setelah kencan kedua atau menyatakan bahwa dia hanya menganggap Anda sebagai teman biasa, lebih baik isi hari-hari dengan melanjutkan hidup. Ya, tidak ada yang bisa Anda lakukan selain melangkah ke depan.

2. Jangan Anggap diri Anda Gagal.

Hanya karena sesuatu tidak berjalan dengan semestinya, dalam hal ini mendapat kekasih baru, bukan berarti Anda telah gagal. Jangan menyalahkan diri sendiri atau menganggap Anda kurang pantas untuknya. Penolakan cinta bukan selalu karena apa yang Anda katakan atau lakukan salah, tapi mungkin memang pria tersebut kurang tepat untuk Anda.

3. Bicarakan dengan Sahabat.

Obat paling mujarab untuk meredakan rasa kecewa akibat penolakan adalah 'bersandar' pada sahabat-sahabat Anda. Saat ada pria yang menolak Anda secara halus maupun tegas, Anda tidak harus sendirian untuk melaluinya. Hubungi teman Anda dan ceritakan apa yang Anda rasakan. Sahabat atau teman yang baik pasti akan memberi dukungan moral yang membuat Anda cepat merasa lebih baik.

Ù©(●̮̮̃•)Û¶ Cat : Saran ini.. cocok juga untuk pria..

Asalkan kata "pria" diganti "wanita".. dan begitupun sebaliknya..

9 Tanda Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Bertemu dan menjalin hubungan dekat dengan seseorang tak selamanya berakhir dalam hubungan asmara. Si dia menyukai perilaku dan sikap Anda, namun ia tak kunjung menyatakan perasaannya.

Perlakuannya pada Anda lebih seperti seorang teman daripada seorang kekasih. Atau, bisa jadi ia mengetahui sinyal-sinyal yang Anda kirim namun mengacuhkannya.

Agar tak berlama-lama sakit hati, sebaiknya cari tahu apakah hubungan Anda berdua tak lebih dari sekadar teman baginya atau tidak.

1. Anda yang selalu memulai.

Andalah orang yang paling antusias mengajaknya menonton film romantis atau pergi berlibur. Anda pula yang harus memancing humor dan pembicaraan di antara kalian. Kalau Anda yang selalu mengawali pesan singkat dan telepon, berarti kemungkinan besar hanya Anda sendiri yang jatuh hati padanya.

2. Jika berinisiatif, ia membawa teman.

Walaupun mengajak Anda pada suatu acara, ia membawa serta teman-temannya sehingga kalian berdua tak mendapat waktu berdua. Mungkin ia hanya menganggap Anda bagian dari temannya.

3. Dia memanggil Anda dengan sebutan 'kawan' atau 'teman'.

Bisa juga ia memanggil Anda dengan sebutan formal dan tidak mencerminkan panggilan sayang. Berarti, si dia memang tidak tertarik pada Anda.

4. Dia curhat tentang orang lain.

Curhat tentang perasaannya terhadap wanita lain saat sedang menyukai seseorang tanpa memedulikan perasaan Anda. Ini menunjukkan dia memercayai Anda hanya sebagai teman.

5. Dia mengatur kencan Anda dengan orang lain.

Walaupun ia mengetahui Anda menyukainya, ia merasa bersalah karena tidak memiliki perasaan sama. Sehingga, ia berusaha menebusnya dengan memperkenalkan Anda dengan orang lain. Jangan menganggap seberapa jauh ia ingin menguji Anda, ia hanya merasa bersalah.

6. Tidak menghiraukan Anda.

Saat pria menyukai seorang wanita, ia akan berusaha menyentuh, menghibur, menggoda dan mengetahui waktu-waktu khusus Anda. Namun, nyatanya ia tak terlalu peduli kapan Anda tidur atau makanan kesukaan. Dia malah tak pernah melancarkan godaan pada Anda dan menghindari menyentuh Anda.

7. "Kita teman, kan?".

Dia sering mengulang-ulang, Anda berdua tetap berteman kendati ada masalah dalam hubungan kalian.

8. Berkencan dengan teman Anda.

Walaupun Anda telah melakukan hal terbaik untuk menarik hatinya, ia malah memilih teman Anda atau orang yang Anda kenal sebagai teman kencannya.

9. Dia berusaha menghindar.

Setelah lama tak memberi kabar, dia mendatangi Anda tanpa rasa bersalah dan mengaku menghabiskan waktu dengan teman-temannya. Jika demikian, tak ada gunanya berniat mengubah perasaannya menjadi cinta pada Anda.

Mengenal Usaha Kecil Dan Menengah



Usaha kecil dan menengah, merupakan salah satu sektor industri yang pada saat ini menjadi idola dalam dunia bisnis tanah air. Hal ini disebabkan sektor ini termasuk salah satu dari sedikit sektor industri yang mampu bertahan ketika dunia krisis melanda dunia, dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak dari kondisi tersebut.
Dengan kenyataan tersebut, pemerintah pun mulai terbuka wawasannya akan arti penting dari sektor industri usaha kecil dan menengah. Salah satunya diwujudkan dengan memasukkan sektor industri tersebut berada di bawah salah satu kementrian untuk pengelolaannya.
Dengan cara ini, pengelolaan usaha kecil dan menengah diharapkan mampu lebih terarah dan juga bisa berdampak pada pengembangan ekonomi nasional. Kondisi ini jelas lebih baik, jika dibandingkan dengan beberapa waktu terdahulu. Dimana sektor usaha kecil dan menengah berjalan tanpa ada bimbingan dari pemerintah.
Sehingga para pengusaha di sektor ini pun tidak memiliki pengetahuan yang memadai selain dari apa yang mereka dapatkan dari praktek di lapangan. Akibatnya, para pengusaha ini kurang mampu mengikuti perkembangan dunia bisnis yang semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi saat ini.
Salah satunya adalah terkait dengan kemajuan di bidang teknologi informasi. Begitu banyak pengusaha sektor usaha kecil dan menengah yang kurang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Akibatnya, dalam memperkenalkan dan memasarkan produk mereka hanya mengandalkan sistem pemasaran konvensional.
Dalam memasarkan produk ke luar negeri pun, mereka cenderung bersikap pasif. Diantaranya dengan menunggu pesanan dari konsumen luar negeri, atau menerima pesanan dari perusahaan besar yang sudah memiliki jaringan di luar negeri. Sehingga dalam posisi ini para pengusaha kecil dan menengah hanya berposisi sebagai sub kontraktor saja.
Selain itu, dengan menunggu pesanan dari luar negeri hanya bisa efektif untuk beberapa kondisi saja. Seperti jika domisili usaha tersebut berada di kawasan yang dekat dengan obyek tujuan wisata yang banyak dikunjungi turis asing. Sehingga para turis itulah yang nantinya diharapkan sebagai konsumen pemesan produk yang ditawarkan.
Atau, bisa pula jika produk yang ditawarkan memiliki keunikan sehingga tidak banyak didapatkan di daerah lain. Biasanya, produk seperti ini adalah produk yang memiliki ciri khas seperti kerajinan atau produk yang didapatkan dari koleksi.

Memasarkan Produk Usaha
 Dengan fenomena yang ada ini, ditambah dengan potensi yang bisa didapatkan dari pengembangan sektor industri kecil dan menengah ini, pemerintah sudah mulai memikirkan cara untuk pengelolaannya. Diantaranya dengan memberikan bimbingan yang dilakukan kepada para pengusaha agar mampu meningkatkan kualitas kerja mereka.
Diantaranya adalah dengan memberikan bantuan teknik, seperti memberikan bimbingan kepada para pengusaha dalam meningkatkan kualitas hasil produksi mereka. Dengan demikian, pada nantinya hasil produksi para pengusaha kecil dan menengah bisa memiliki daya saing di tingkat internasional. Hal ini mengingat pada saat ini sudah tidak terdapat lagi batasan dalam pasar ekonomi dunia seiring dengan kesepatakan pasar bebas dunia.
Selain itu, bimbingan teknik diwujudkan dengan pemberian bantuan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam industri tersebut. Bantuan ini diberikan agar para pengusaha tersebut mampu meningkatkan kuantitas produksi mereka dan juga dalam upaya meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar tempat usaha tersebut.
Bagi pengusaha yang hendak mengembangkan usaha mereka namun memiliki keterbatasan di bidang modal, pemerintah pun memiliki jalan keluar. Diantaranya dengan menggandeng lembaga perbankan dan menciptakan program yang disebut Kredit Usaha Rakyat.
Kredit ini diberikan kepada mereka yang sudah memiliki sebuah bidang usaha dan hendak mengembangkannya. Berbeda dengan sistem kredit lain, dalam bantuan KUR ini diberikan oleh bank kepada pengusaha tanpa perlu adanya jaminan atau agunan. Hal inilah yang membedakan dengan kredit di bidang lain, yang menuntut nasabah bank memberikan agunan sebagai jaminan kredit.
Untuk mendapatkan kredit Usaha Rakyat ini cukup mudah. Seorang pengusaha cukup mendatangi ke bank yang sudah ditunjuk pemerintah dan mengisi formulir yang ada. Selanjutnya, petugas bank akan melakukan survey ke lokasi usaha yang akan dikembangkan.
Apabila dianggap memiliki prospek dan memberikan kepastian usaha, maka kredit pun bisa segera diterima pengusaha bersangkutan. Hanya saja, batas maksimal kredit yang bisa diajukan adalah sebesar Rp. 20 juta. Selain itu, masa waktu pengembalian kredit diberikan masa hingga lima tahun.
Bimbingan lain yang diberikan adalah bimbingan pemasaran. Dalam hal ini, seorang pengusaha akan diajarkan teknik pemasaran modern yang berbasis ilmu pengetahuan. Dengan demikian, mereka tidak akan lagi mengandalkan ilmu pemasaran konvensional dalam menawarkan produk mereka.
Diantaranya adalah dengan memberikan pengetahuan di bidang teknologi informasi khususnya pengetahuan internet. Para pengusaha ini akan diajarkan teknik pemasaran modern berbasis internet yang disebut dengan internet marketing yang pada saat ini sedang menjadi tren di dunia usaha.
Dengan cara ini diharapkan mereka mampu lebih aktif dalam mencari pasar bagi produk mereka. Selain itu, mereka bisa lebih memperluas lagi jangkauan produk mereka, tidak terbatas pada lingkungan dalam negeri. Sebab, dengan internet akan memberikan peluang bagi mereka menembus pasar luar negeri.
Dengan internet pula, para pengusaha kecil dan menengah ini akan mampu memperkenalkan produk mereka pada masyarakat luas. Dengan demikian produk-produk baru bisa dengan mudah dikenal dan diketahui oleh masyarakat. Salah satu jenis usaha baru yang cepat berkembang dengan bantuan teknologi internet ini adalah produk briket sampah. Dimana pada saat ini pemasaran briket sampah tersebut sudah mampu menembus pasar ekspor sebagai bahan bakar alternatif yang sangat digemari oleh masyarakat Eropa.

Pentingnya Artikel Wirausaha


Ketika krisis ekonomi melanda dunia, banyak orang mencoba peruntungan mereka masuk ke dunia wirausaha. Hal ini didorong dengan berbagai kisah sukses yang diraih para pengusaha yang banyak tersebut dalam beragam artikel wirausaha. Kesuksesan tersebut yang kemudian menjadi inspirasi bagi sebagian kalangan, bahwa dunia wirausaha pun memiliki prospek yang sama cerahnya dengan dunia kerja.
Di dalam artikel wirausaha tersebut, selain banyak menceritakan kisah sukses para pengusaha juga memberikan beberapa info penting lainnya. Seperti informasi mengenai jenis wirausaha apa yang sedang menjadi tren di tengah masyarakat atau juga mengenai beberapa jenis wirausaha yang akan berkembang dalam beberapa waktu mendatang.
Di sisi lain, dalam artikel wirausaha juga banyak memberikan beberapa gambaran bisnis yang sudah dijalankan oleh beberapa pengusaha. Di sini akan disajikan mengenai gambaran perkembangan sebuah sektor usaha dari berbagai sudut pandang bisnis. Sehingga hal ini bisa memberikan sebuah gambaran yang lebih mendalam bagi mereka yang hendak masuk ke dunia wirausaha.

Sudut Pandang Wirausaha

Seseorang yang hendak masuk ke dalam dunia wirausaha, tidak cukup hanya bermodal keberanian dan dukungan finansial yang kuat semata. Bahwa kedua hal tersebut merupakan salah satu modal utama dalam dunia wirausaha, adalah benar. Namun perlu juga diingat, bahwa kedua hal tersebut bukan merupakan satu-satunya hal yang menentukan keberhasilan seseorang dalam dunia wirausaha.
Sebab, selain kedua hal tersebut masih ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi faktor penentu keberhasilan seseorang menjalankan aktivitas berwirausaha mereka. Hal ini pula yang kerap disampaikan dalam artikel mengenai kisah nyata tentang kesuksesan seseorang.
Salah satu tokoh yang kerap diceritakan memulai usaha bisnis dari nol adalah Bob Sadino. Tokoh yang dikenal karena hobinya bercelana pendek dalam berbagai acara ini, memulai kisah suksesnya hanya dari enam butir telur ayam kampung. Dari enam butir telur ayam kampung yang dijajakannya berkeliling dari rumah ke rumah inilah, yang kemudian menjadi modal awal keberhasilannya mendirikan kerajaan bisnis di Indonesia.
Hal tersebut menjadi bukti, bahwa dukungan finansial bukanlah penentu utama proses keberhasilan dalam berwirausaha. Masih ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam menjalankan aktivitas wirausaha mereka. Dan inilah yang perlu dikemukakan, agar semua orang memiliki keberanian dan kemauan untuk menjadi seorang wirausahawan. Dan bukan sekadar memelihara paradigma lama, untuk menjadi seorang pegawai setelah mereka menyelesaikan dunia pendidikan.
Beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan oleh seseorang dalam memilih jenis wirausaha yang akan digeluti diantaranya adalah :
  • Faktor Pasar
Faktor pasar di sini adalah peluang dan ketersediaan pasar. Apakah pada nantinya, usaha yang kita jalankan bisa diterima oleh pasar atau tidak. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan mengenai bagaimanakah selera pasar terhadap produk sejenis yang sudah ada sebelumnya. Sehingga kita bisa mencipakan produk yang berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya. Tentunya dengan melakukan perubahan pada produk sehingga mampu mengikuti selera pasar agar bisa diterima oleh konsumen.
  • Faktor Persaingan
Dalam artikel wirausaha banyak menyebutkan pilihan jenis wirausaha yang sudah ada di tengah masyarakat. Dengan demikian, kita akan mengetahui jenis wirausaha apa yang sudah memiliki banyak pesaing, dan mana yang belum banyak pesaingnya.
Sebuah pilihan usaha yang banyak terdapat pesaing, biasanya memiliki resiko lebih tinggi terhadap kegagalan. Meski demikian, bukan berarti bisnis yang didalamnya penuh dengan persaingan tidak layak untuk dipilih. Apabila kita bisa memberikan kompetensi atau keunggulan daripada produk yang diciptakan oleh pesaing, bukan tidak mungkin kitalah yang akan menjadi pemenang dalam proses persaingan bisnis tersebut.
  • Faktor Permodalan
Dalam menjalankan sebuah aktivitas wirausaha, kita harus menghitung dengan cermat masalah keuangan. Hal ini guna menentukan sistem keuangan yang akan dipilih, terutama dalam masalah penyiapan modal.
Dalam pilihan ini, ada tiga jenis permodalan yang bisa ditempuh. Yang pertama adalah modal sepenuhnya berasal dari dana pribadi. Pilihan kedua, modal berasal dari gabungan dua pihak atau lebih. Dan ketiga, modal sepenuhnya berasal dari pihak luar.
Untuk menentukan pilihan jenis permodalan yang akan dipilih, salah satunya dengan menggunakan analisa resiko. Semakin besar resiko dari sebuah bisnis yang akan dijalankan, maka sebaiknya semakin kecil modal sendiri yang ditanamkan. Dengan demikian, kita akan meminimalisir tingkat resiko yang akan kita dapatkan.
Sebaliknya, semakin kecil peluang resiko dan semakin besar peluang keuntungan, maka pilihan modal adalah menggunakan modal sendiri dalam porsi yang lebih besar. Dan jika memungkinkan, kebutuhan modal secara keseluruhan menggunakan milik pribadi. Dengan demikian, kita tidak perlu berbagi keuntungan dengan pihak lain pada nantinya.
  • Faktor Produksi
Faktor produksi yang dimaksud disini adalah segala hal yang berkaitan dengan komponen pendukung kegiatan wirausaha yang akan dijalankan. Di antaranya adalah bahan baku, tenaga kerja dan juga pemenuhan perlengkapan pendukungnya.
Banyak aktivitas usaha yang didirikan dengan mendekati lokasi faktor produksi. Hal ini dilakukan guna menghemat biaya produksi untuk mengangkut faktor produksi ke tempat usaha. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan apabila keseluruhan faktor produksi berada pada satu lokasi yang sama.
Sementara, apabila faktor lokasi berada dalam lokasi yang berbeda tentu akan menimbulkan kesulitan tersendiri. Untuk itu ada dua alternatif yang bisa dilakukan. Alternatif pertama adalah menempatkan lokasi usaha berada di tengah-tengah semua faktor produksi. Alternatif kedua adalah memilih lokasi usaha pada faktor produksi yang paling dominan, seperti mendekati lokasi bahan baku, tenaga kerja atau juga mendekati konsumen.

Kreatif
Salah satu kunci penting dalam mencapai keberhasilan di bidang wirausaha adalah kreativitas. Tanpa adanya kreativitas yang tinggi, maka seseorang hanya akan menjadi seorang yang terbawa arus saja tanpa pernah mampu menjadi diri mereka sendiri.
Kisah kisah para pengusaha sukses, selalu saja diwarnai dengan imajinasi mereka yang menciptakan kreativitas yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Akibatnya, mereka mampu menciptakan sesuatu hal yang baru yang pada akhirnya menjadi sebuah tren baru di tengah masyarakat.
Lalu bagaimana menciptakan kreativitas? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan kreativitas. Yang pertama adalah dengan memperluas wawasan dalam melihat segala hal baru yang ada di sekitar kita. Dengan demikian, kita akan terbiasa untuk berpikir tentang segala sesuatu yang berbeda yang belum pernah ada sebelumnya.
Selain itu proses kreatif bisa digali dengan cara memupuk keberanian untuk berani mewujudkan semua pemikiran yang ada di otak kita. Tanpa ada keberanian, semua ide dan gagasan yang mungkin sebenarnya brilian hanya akan tersimpan dalam otak kita saja. Dan ini adalah masalah klasik yang banyak dihadapi oleh para wirausahawan kita sekarang ini.
Oleh karena itu, kita perlu menumbuhkan keberanian tersebut. jangan takut pada komentar orang lain yang menertawakan ide kita. Namun jadikanlah tertawaan tersebut sebagai semangat untuk membuktikan bahwa ide kita tidak salah.

Pengantar bisnis



Pengantar bisnis adalah salah satu bagian ilmu yang harus dikenali oleh para calon wirausahawan sebelum mereka masuk ke dunia usaha. Pengetahuan ini menjadi salah satu materi dasar yang diperkenalkan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu manajemen.
Di dalam materi pengantar bisnis, seseorang akan diperkenalkan tentang konsep-konsep dasar dalam manajemen. Mengingat salah satu kunci untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses adalah memahami tentang konsep manajemen yang baik. Sehingga pada nantinya bisnis yang mereka jalankan bisa berjalan dengan tertib, dan memiliki visi serta misi yang jelas dalam proses pengembangannya.

Pilihan Wirausaha
Dunia wirausaha yang sekarang sedang banyak digeluti adalah bidang kuliner. Banyak pengusaha muda yang tertarik mengembangkan bisnis ini karena keuntungan yang dihasilkan lebih menjanjikan. Diantaranya adalah margin keuntungan dari bisnis kuliner yang bisa mencapai 100 persen dari modal biaya.
Selain itu, dalam sebuah bisnis kuliner tidak ada aturan yang mewajibkan seorang pengusaha harus menjual produk mereka dalam batasan harga yang ditentukan. Seperti harga semangkuk bakso. Tidak ada kewajiban dari semua pedagang bakso untuk menjual semangkuk bakso mereka dengan harga yang sama. Semua pedagang memiliki hak untuk menjual bakso mereka dengan harga yang mereka inginkan.
Inilah yang membedakan dengan bisnis di bidang lain. Seperti bisnis bahan bangunan, dimana harga untuk satu kantung semen harga jualnya tidak bisa melebihi harga jual yang sudah dipatok pemerintah. Selain itu, apabila ada selisih harga dengan pedagang lain, maka konsumen akan beralih membeli ke tempat yang menjual dengan harga lebih murah.
Mengapa dalam kasus harga semangkuk bakso dan harga satu kantung semen berbeda? Hal ini disebabkan dalam kasus semangkuk bakso, produk yang dijual tidak memiliki standarisasi sebagai patokan. Dari sisi regulasi pun, tidak terdapat konsensus yang mengatur tentang harga jual bakso. Dari sudut pandang konsumen, nilai yang mereka bayar bukan sekadar ditentukan pada produk yang mereka konsumsi yaitu semangkuk bakso.
Namun, sebagai sebuah produk yang sudut kepuasannya absurd, maka konsumen akan memiliki kemauan untuk membayar sebuah produk dengan harga lebih tinggi selama produk tersebut mampu memuaskan mereka. Dalam hal ini, seorang konsumen tentu akan rela membayar harga bakso di sebuah hotel dengan harga berlipat ganda daripada semangkuk bakso yang dijual di kaki lima. Sebab, dengan menyantap bakso di sebuah hotel, akan memberikan nilai lebih bagi si konsumen dari sisi gengsi daripada jika mereka makan bakso yang sama di pinggir jalan.
Lalu bagaimana harga sekantung semen yang tidak bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi? Selain masalah regulasi pemerintah, persepsi masyarakat tentang semen adalah sama. Baik itu semen yang dijual di sebuah supermarket maupun semen yang dijual di toko bangunan kecil pinggir jalan. Tidak ada nilai lebih yang bisa didapatkan dengan membeli semen di supermarket dibandingkan dengan membeli semen di toko bangunan.
Oleh karena itu, konsumen akan cenderung memilih toko yang menjual semen lebih murah, karena tidak ada perbedaan nilai yang bisa didapatkan dengan membeli semen di lokasi tertentu. Selain itu, pada dasarnya kualitas semen adalah sama. Dengan demikian, bisa dikatakan harga jual semen adalah harga yang memiliki unsur sensitivitas di kalangan konsumen. Sehingga, konsumen akan rela mengorbankan waktunya untuk membeli semen di tempat yang lebih jauh hanya untuk mendapatkan selisih beberapa ratus rupiah saja.

Kegagalan Bisnis
 Kegagalan bisnis merupakan resiko yang akan dihadapai oleh semua orang yang memutuskan terjun ke dalam dunia wirausaha. Selain faktor takdir, kegalan bisnis bisa disebabkan kurangnya pemahaman tentang pedoman yang diajarkan pada teori pengantar bisnis.
Melaksanakan teori yang diajarkan dalam pengantar bisnis, memang bukan jaminan sebuah bisnis bisa memperoleh keberhasilan. Namun paling tidak pedoman tersebut akan meminimalisir resiko yang akan dihadapi oleh seorang wirausahawan. Sehingga, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bisa cepat diketahui serta dicarikan jalan keluarnya.
Beberapa hal yang kerap menjadikan kegagalan dalam memulai sebuah bisnis di antaranya adalah :
  • Kesalahan dalam pemilihan lokasi. Dalam memilih lokasi sebuah usaha, selain harus mempertimbangkan jenis usaha yang akan dibuka, perlu juga mempertimbangkan masalah kepadatan. Usaha yang kita jalankan, bisa tidak diketahui oleh masyarakat jika dibuka pada tempat yang terlalu padat. Sehingga perhatian masyarakat pada tempat usaha kita menjadi sangat minimalis.
Demikian juga, membuka sebuah usaha di tempat yang berada di kawasan jalur cepat lalu lintas juga tidak efektif. Sebab, perhatian pengguna jalan akan lebih terfokus pada konsentrasi di jalan raya daripada harus melihat ke pinggir jalan. Lebih baik, buka usaha di pinggir jalan yang bukan termasuk sebagai wilayah jalur cepat berkendara. Misalnya di jalan komplek perumahan atau di jalan kabupaten.
  • Menjalankan bisnis di tengah lautan berdarah. Maknanya adalah, bisnis yang kita jalankan sudah memiliki banyak pesaing. Dimana dalam proses persaingan tersebut sudah menggunakan strategi yang kurang sehat dan berpotensi untuk menciptakan kehancuran. Seperti strategi harga murah yang bisa berdampak pada tipisnya margin keuntungan yang tidak sesuai dengan biaya modal yang dikeluarkan.
  • Kurang fokus. Bisnis yang dijalankan secara tidak fokus akan berdampak pada proses pelaksanaan yang hanya berjalan setengah. Akibatnya, tidak ada nilai kompetensi yang ditawarkan pada konsumen. Hal ini menjadikan konsumen kurang mendapatkan nilai lebih pada saat mengkonsumsi produk yang Anda jual.
  • Kurang selaras dengan budaya lokal. Salah satu contohnya adalah menjual produk yang tidak sesuai dengan keyakinan yang dianut oleh konsumen di sekitar kita membuka usaha. Misalnya, warung makan yang menjual bahan yang diharamkan di tengah pemukiman yang mayoritas penduduknya beragama Islam.