Thursday, January 19, 2012

Awak Costa Concordia hanya laporkan listrik padam

Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com

costa concordia
Awak kapal hanya melaporkan pemadaman listrik
Media Italia menyiarkan rekaman percakapan telepon yang diduga merupakan komunikasi pertama antara petugas pelabuhan dengan awak kapal Costa Concordia saat kapal itu mulai tenggelam Jumat lalu.
Dalam percakapan yang terjadi 30 menit setelah kapal menabrak karang, seorang awak kapal mengatakan mereka hanya mengalami pemadaman listrik.
Kapal itu terbalik dan kandas di perairan dangkal dengan 4.200 orang penumpang masih berada di atas kapal. Hingga saat ini 11 orang dinyatakan meninggal dunia.
Pencarian sekitar 20 korban yang hilang saat ini terancam cuaca buruk.
Saat ini kapal dalam posisi terbalik di lepas pantai pulau Giglio tapi ada kekhawatiran posisi kapal bergeser ke bagian laut yang lebih dalam.
Dalam rekaman suara yang disiarkan Kamis, seorang petugas otoritas pelabuhan terdengar bertanya pada awak mengenai situasi di atas kapal, setelah penumpang melaporkan adanya guncangan keras dan awak meminta mereka mengenakan baju pelampung.
Tetapi satu suara yang tidak teridentifikasi dari Costa Concordia menjawab, "Kami mengalami pemadaman listrik dan kami sedang memeriksa keadaan di atas kapal."
"Apakah anda membutuhkan bantuan atau apakah anda akan tinggal di wilayah Giglio untuk sementara waktu?" tanya petugas pelabuhan.
"Konfirmasi. Kami akan tinggal di sini untuk memeriksa penyebab listrik padam," jawab seorang awak, tanpa menyebutkan adanya tabrakan.
Wartawan BBC, Alan Johnston yang saat ini berada di Giglio mengatakan kesan yang tertinggal dari percakapan telepon itu adalah bahwa para awak gagal memaparkan secara rinci buruknya kondisi di kapal saat itu.

Seorang penumpang dalam pelacakan

Media Italia juga menunjukkan foto-foto seorang wanita Moldova yang mengatakan ia berada di jembatan setelah kapal menabrak karang dan terbalik. Dalam sebuah wawancara dengan televisi Moldova, wanita itu membela tindakan Kapten Schettino.
Para penyidik saat ini berusaha melacak keberadaan wanita itu dan menginterogasinya.
"Para penumpang seperti biri-biri yang tersesat"
Domnica Cemortan, penumpang kapal
Kapten kapal, dikenakan tahanan rumah atas dugaan pembunuhan ganda.
Seorang penumpang berkebangsaan Moldova, Domnica Cemortan, mengatakan, "Para penumpang seperti kawanan biri-biri yang tersesat."
Pemilik kapal mengatakan sang kapten berlayar terlalu dekat dengan Giglio di jalur tidak resmi.
Jaksa penuntut juga menuduhnya meninggalkan kapal sebelum evakuasi penumpang selesai. Ia menyangkal tuduhan itu.
Namun media Italia mengatakan Kapten Schettino mengakui adanya kesalahan navigasi.
Ia mengatakan pada penyidik bahwa ia "terlambat memerintahkan kapal untuk belok" ketika kapal pesiar mewah itu berada terlalu dekat dengan pulau, menurut transkrip interogasi yang bocor ke media.
Ia juga mengatakan bahwa awak kapal memutuskan berlayar dekat dengan pulau tersebut untuk menghormati seorang mantan kolega.
Perusahaan pemilik kapal, Costa Cruises, membebastugaskan Kapten Schettino dan menarik tawaran untuk membayar biaya hukumnya, kata sejumlah laporan.

4.5

No comments:

Post a Comment