Friday, January 20, 2012

Pendiri Yahoo mengundurkan diri

Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com  


Jerry Yang
Yang mengatakan kini saatnya mengejar peluang di luar Yahoo!.
Jerry Yang, salah satu pendiri Yahoo!, telah mengundurkan diri dari dewan direksi perusahaan penyedia layanan mesin pencari dan alamat email gratis laris di dunia itu.
Yang mendirikan perusahaan online itu pada 1995 bersama dengan David Filo dan merupakan presiden direktur sejak Juni 2007 hingga Januari 2009.
Pengunduran dirinya terjadi dua minggu setelah perusahaan itu merekrut mantan eksekutif PayPal Scott Thomson sebagai presiden direktur yang baru.
Yang membuat jengkel para pemegang saham dengan menolak tawaran akuisisi sebesar US$ 47,5 miliar (Rp 430 triliun) dari Microsoft pada 2008.
Perusahaan tersebut kini ditaksir memiliki nilai US$ 20 miliar.
Yang juga telah mengundurkan diri dari jajaran direksi Yahoo Japan dan Alibaba Group. Dalam pernyataan tertulis ia mengatakan, "Sudah tiba waktunya untuk saya mengejar peluang lain di luar Yahoo!"
Ia juga menyatakan dukungan untuk manajemen baru.
"Saya antusias dengan penunjukan Scott Thompson sebagai presiden direktur dan kemampuannya bersama dengan seluruh tim pemimpin Yahoo! lainnya, untuk membawa Yahoo! menuju masa depan yang menggembirakan dan sukses," kata Yang.

Penghalang bisnis

Saham Yahoo! naik 3,4% dalam sesi penutupan perdagangan terakhir, Selasa.
Sejumlah analis selama ini memandang Yang sebagai penghalang terhadap penjualan atau restrukturisasi bisnis Yahoo!.
"(Pengunduran diri) ini adalah hal yang positif dan memberi pendekatan lebih obyektif serta tidak emosional terhadap alternatif-alternatif strategi (lainnya)," kata Brett Harriss dari perusahaan riset Gabello & Co.
"Mundurnya Yang juga berdampak baik bagi presiden direktur yang baru. Satu lagi anggota dewan yang akan menentang visinya kini telah berkurang."
Selain meninggalkan dewan direksi, Yang juga menanggalkan sebutan sebagai "Kepala Yahoo!".
"Saya dan seluruh jajaran dewan direksi menghormati keputusan Yang, tapi kami akan merindukan perspektif dan visinya yang luar biasa serta nasihat-nasihatnya yang bijaksana," kata direktur utama Yahoo!, Roy Bostock.


4.5

No comments:

Post a Comment