Sunday, January 22, 2012

Mau tau?? Penyebab rambut beruban ?

Mau tau Penyebab rambut beruban ? Rambut beruban atau rambut yang berwarna putih pada umumnya terdapat pada seseorang yang telah lanjut usia. Tetapi ditemukan beberapa kasus, rambut beruban ini terjadi juga pada seseorang di usia belia. Sebenarnya apa sih penyebab rambut beruban ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?
Banyak yang mengatakan bahwa penyebab munculnya rambut beruban di usia belia adalah karena faktor keturunan atau genetika. Memang betul, salah satu faktor penyebab munculnya rambut beruban di usia belia adalah faktor keturunan atau genetika. Tetapi ada beberapa faktor juga yang bisa menyebabkan munculnya uban di usia belia.
Faktor – faktor tersebut antara lain :
1. Stres
Kesulitan beserta tekanan – tekanan hidup menyebabkan stres yang berlebihan. Stres yang berlebihan inilah salah satu faktor pemicu uban di usia belia. Stres menyebabkan macetnya produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin. Pigmen ini dihasilkan oleh sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Jika melanosit tidak lagi memproduksi melanin, rambut akan tumbuh memutih. Namun hal ini hanya bersifat sementara, artinya bila tubuh tidak mengalami stres berlebihan lagi, produksi pigmen akan kembali lancar.
2. Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat ini contohnya adalah merokok dan diet yang salah. Nikotin dalam rokok yang terserap dalam darah akan menghambat aliran zat – zat gizi yang dibutuhkan tubuh sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar dan menghambat pertumbuhan rambut juga. Begitu pula dengan diet yang salah, kekurangan gizi atau gizi buruk karena asupan makanan yang kurang seimbang dapat mempengaruhi kesehatan rambut.
3. Pewarna Rambut
Pemakaian pewarna rambut bukan hanya menempel di batang rambut, tetapi juga meresap ke dalam pori – pori kulit kepala, dan zat – zat kimia yang terkandung dalam pewarna tentunya mempengaruhi kesehatan rambut juga. Untuk itu, pilihlah cat rambut dengan cermat sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala dan tidak menggunakannya secara berlebihan.
4. Pemakaian Shampo
Pada umumnya, orang senang dengan shampo yang banyak mengandung busa. Padahal busa yang banyak dalam shampo berarti banyak soda dan justru tidak sehat. Gunakan shampo berbahan dasar alami dan ringan serta hindari air hangat atau panas untuk mencuci rambut.
Pencegahan rambut beruban di usia dini
Bagi anda yang kurang percaya diri akibat munculnya uban di usia dini, tidak perlu kuatir. Meski uban yang muncul tidak bisa dihindari, namun setidaknya anda dapat mengurangi laju pertumbuhan uban, sebagai berikut  :
1. Olahraga
Lakukan gerakan – gerakan ringan yang tujuannya untuk meminimalkan stres sehingga dapat mengurangi laju pertumbuhan uban. Seperti :  meditasi, mengatur pernapasan, akupresur.
2. Perbaiki Nutrisi
Konsumsi makanan yang berkhasiat untuk rambut, seperti : jus wortel dan tomat, jus wortel dan bayam, jus melon dan aneka buah yang mengandung banyak vitamin C. Perbanyaklah makan sayuran hijau dan merah karena sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang membuat rambut semakin sehat bernutrisi serta kuat dari ancaman kekurangan pigmen. Jangan lupakan protein nabati dari kacang – kacangan untuk menjaga tekstur rambut tetap halus dan sehat.
3. Gunakan cara alami
Cara alami seperti campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut, kemudian pijat selama 15 menit dan bilas. Atau juga dapat menggunakan teh yang pekat dengan tambahan sesendok garam, kemudian tuang rata ke rambut sambil dipijat perlahan di area kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin.
Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment