Friday, January 20, 2012

Monyet 'punah' ditemukan kembali

Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com  


Miller"s Grizzled Langurs
Penemuan Miller"s Grizzled Langurs terjadi secara kebetulan.
Tim peneliti internasional menemukan kembali salah satu monyet yang dianggap sudah punah, Miller's Grizzled Langur, di luar habitat yang diketahui sebelumnya.
Monyet dengan nama Latin Presbytis hosei canicrus ditemukan di hutan lindung Wehea, Kalimantan Timur, dan penemuannya diterbitkan di American Journal of Primatology hari Jumat (20/1).
"Kami semua sangat senang mendapati kenyataan bahwa monyet ini masih hidup dan juga berada di Wehea," kata Brent Loken, salah seorang peneliti dari Simon Fraser University, Kanada seperti dikutip kantor berita AP.
Dia menambahkan penemuan monyet yang dalam bahasa Inggris disebut Miller's Grizzled Langur mengejutkan para penelitu karena hutan Wehea berada jauh dari jangkauan monyet ini.

Habitat rusak

Presbytis hosei canicrus ini sebelumnya ditemukan di sepanjang Kalimantan bagian timur laut, Sumatra, Jawa, dan semenanjung Thailand-Malaysia.
Namun beberapa tahun lalu muncul kekhawatiran monyet sudah punah karena habitatnya sudah rusak akibat kebakaran hutan, penjarahan manusia, dan penambangan.
Survei lapangan yang diadakan pada 2005 menunjukkan habitat sudah bersih dari Miller's Grizzled Langur.
Penemuan kembali monyet ini terjadi secara tidak sengaja. Tim peneliti memasang kamera di hutan Wehea pada Juni 2010 dengan harapan bisa menangkap gambar orangutan dan binatang-binatang liar lain yang diketahui biasa berkumpul di sejumlah titik.
Foto-foto yang mereka dapatkan mengejutkan mereka karena ada sekelompok monyet yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

4.5

No comments:

Post a Comment