Sunday, January 22, 2012

Mengatasi penyakit asam lambung

Yaph asam lambung memang sedang melanda kita, hmm makanya kita sangat perlu menjaga kesehatan, kita bisa mengatasi penyakit asam lambung.
Gangguan pada lambung yaitu meningkatnya produksi asam lambung yang lebih dikenal dengan penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disepelekan. Meski terkesan penyakit ringan, tetapi jika penderita penyakit asam lambung ini terlalu sering mengidapnya, lama kelamaan dapat juga menimbulkan kanker lambung. Banyak penderita kanker lambung yang gagal disembuhkan dan akhirnya meninggal dunia.

Pada umumnya, masyarakat menganggap bahwa munculnya penyakit asam lambung ini karena terlambat makan atau makan secara tidak teratur. Padahal, ada beberapa hal lain sebagai pemicu naiknya asam lambung yang berlebihan, diantaranya :
1. Asupan makanan yang kurang baik ( makan makanan yang asam, pedas, minum minuman beralkohol dan kopi )
2. Stres fisik dan psikis
3. Penggunaan obat – obatan untuk menurunkan berat badan
4. Merokok
Dalam tingkat yang wajar, penderita penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat maag yang tersedia di apotek dan toko obat. Biasanya obat tersebut diminum atau dikunyah satu jam sebelum makan. Tetapi bagi penderita penyakit maag kronis, penanganan dokter atau pihak medis sangat diperlukan untuk membantu pemulihan dan penetralan asam lambung yang berlebihan itu.
Sebagai salah satu penderita penyakit ini, saya juga biasanya mengonsumsi obat maag yang bisa dibeli di apotek lebih dulu. Jika dalam waktu satu minggu penyakit tidak juga sembuh, segera saya berobat ke dokter untuk proses pemulihan dan penetralan asam lambung.
Gejala penyakit asam lambung
Gejala penyakit ini untuk tahap awal biasanya penderita mengalami kembung, mual, sendawa dan cepat merasa kenyang. Selanjutnya diikuti dengan perih pada lambung, pusing kepala sebelah / migrain, muntah bahkan mencret. Ada pula gejala yang tidak disadari oleh penderita seperti rasa pahit di mulut. Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.

Gaya hidup sehat yang dianjurkan
1. Usahakan makan secara teratur, dan hindari makanan atau minuman  pencetus asam lambung tinggi ( pedas, asam, berlemak, manis, kopi, minuman soda, minuman keras )
2. Hindari hal – hal yang bisa membuat stres, karena asam lambung juga erat hubungannya dengan stres. Mencoba menjalani hidup dengan lebih rileks dan teratur.
3. Mengonsumsi kunyit, temulawak, madu, bawang putih laki, daging tanaman lidah buaya dapat mengurangi asam lambung berlebihan.
4. Saat lambung terasa perih, usahakan setiap 2 – 3 jam lambung diisi dengan makanan, tetapi jangan sampai terlalu kenyang.
5. Kurangi merokok.
Penyakit asam lambung ini memang sulit disembuhkan, tetapi tingkat kekronisannya bisa dikurangi. Mungkin terlihat membaik, tetapi suatu saat akan kambuh kembali. Miliki pola makan teratur dan gaya hidup sehat. Terutama jangan sepelekan penyakit asam lambung anda, karena penyakit remeh ini memiliki bahaya yang besar jika terjadi secara berulang – ulang dan menahun.

Semoga apa yangs aya sampaikan bermanfaat ..

No comments:

Post a Comment

Post a Comment