Wednesday, January 18, 2012

Belajar Menjadi Seorang Strobist dari Adimodel

Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com

 Rabu (6/4) lalu, Adimodel mengadakan jumpa pers, diskusi, dan sekaligus meluncurkan buku terbarunya, Lighting for Strobist. Buku ini merupakan sebuah pengenalan teknik penggunaan strob secara sederhana dan simpel. Fotografer yang terkenal dengan gayanya yang minimalis dan simpel ini turut memperkenalkan teknik penggunaan flash eksternal untuk berbagai kondisi pemotretan. Ia sendiri telah menjadi strobist sejak lima tahun yang lalu.

Lighting for Strobist: Lighting Techniques merupakan buku kedua dari tiga bagian buku Lighting for Strobist yang direncanakan Adimodel. Buku pertamanya, Lighting for Strobist: The Basic, memberikan penjelasan mengenai seluk-beluk strobist dan peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang strobist.
Nah, buku kedua ini berisi teknik-teknik yang dapat digunakan para fotografer yang sedang atau baru ingin mendalami strobist. Buku ini dibuat dalam bentuk “bedah foto” agar para pembaca lebih mudah memahami teknik yang digunakan dengan langsung melihat foto-foto yang dihasilkan dengan teknik strobist. Adimodel menyertakan beberapa foto yang pernah dibuatnya yang kebanyakan diambil dari berbagai angle dan kondisi cahaya yang berbeda. Ini akan membuat pembaca mendapatkan banyak teknik dan trik sekaligus hanya dengan membaca buku ini.
Apakah buku ini hanya ditujukan untuk para fotografer profesional? Tentu tidak. Adimodel memberikan penjelasan yang gamblang namun dengan bahasa yang sangat sederhana. Selain itu, ia juga menyertakan ilustrasi posisi flash di tiap foto yang diciptakannya. Jadi, pembaca dapat langsung mempraktekkan teknik tersebut. Di bagian pendahuluan, Adimodel juga memberikan informasi berharga mengenai jenis-jenis flash yang ada dan masing-masing fungsinya. Sangat basic dan informatif.
Menjadi strobist tampaknya mudah karena tidak perlu membawa banyak perlengkapan saat sesi pemotretan. Namun, jika tidak ahli dalam memanfaatkan sinar alami (matahari) yang ada dan menempatkan flash dengan benar, hasil foto pun tidak akan sesuai harapan. Inilah alasan Adimodel membuat buku ini: untuk memberikan informasi kepada sesama fotografer atau orang-orang yang tertarik dengan fotografi untuk menerapkan strobist dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Penulis:
Adimodel
Terbit:
Maret 2011
Kategori:
Fotografi
Harga:
Rp137.800
Jumlah halaman:
160 halaman
Penerbit:
Elex Media Komputindo
4.5

No comments:

Post a Comment