Sunday, January 15, 2012

Musik Ampuh Gantikan Pereda Nyeri

Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com Adrian Firmansyah | Blogger Newbie dari Bekasi

Musik Ampuh Gantikan Pereda Nyeri
SERINGKAH Anda mengalami nyeri dan kemudian mengonsumsi obar pereda nyeri? Diluar obat-obatan medis, ternyata para dokter di sebagian rumah sakit menambahkan unsur “terapi musik”, yaitu dengan cara mendengarkan jenis musik yang lembut saat perlakuan medis, maupun setelahnya.

Sebuah penelitian yang dikutip dari nytimes.com menyatakan bahwa mendengarkan musik selama atau setelah perlakuan medis dapat meredakan efek nyeri yang ditimbulkan selama operasi.

Penelitian yang ditampilkan dalam The Journal of Pain itu berbicara tentang seseorang yang sedang operasi kecil, dan merasakan nyeri yang sedikit berkurang akibat mendengarkan musik. Hal tersebut terjadi karena secara tidak langsung sang pasien didorong untuk terlibat dalam lagu, seperti nada dan sebagainya sehingga sedikit mengalihkan dari rasa sakit yang diderita.

Sementara itu, para ilmuwan di University of Utah, menemukan bahwa pasien yang mendengarkan musik cenderung terfokus pada melodi, mereka terlihat lebih lega dengan beban rasa nyeri yang sedikit semakin berkurang. Terapi musik saat adanya operasi kecil maupun pasca operasi, dipercaya ampuh mengusir sedikit nyeri karena memiliki efek analgesik pada pasien.
4.5

No comments:

Post a Comment