Saturday, January 14, 2012

Kota terbaik di dunia

Kota terbaik di dunia : Wina (Vienna) untuk kedua kalinya berturut-turut mendapat predikat "Kota Terbaik/Paling Layak Huni di Dunia". Demikian hasil survei terbaru.
Ibu kota Austria yang terkenal dengan musik dan arsitektur ini, menduduki peringkat pertama, dari 221 kota yang disurvei oleh Mercer, sebuah perusahaan riset, konsultan, & jasa investasi yang berbasis di London, Inggris. Setiap tahun, mereka mengadakan survei bertajuk "Worldwide Quality of Living Survey".
Secara garis besar, kota asal komponis-komponis besar dunia (Joseph Haydn, Franz Schubert, Johann Strauss, dll) tersebut dinilai bersahabat bagi kehidupan dan lingkungan bisnis, serta memiliki sistem transportasi umum yang komprehensif.
wina1
Salah satu sudut Kota Wina
Dijelaskan lebih lanjut, untuk menentukan kota terbaik di dunia, Mercer telah meneliti hal-hal seperti berikut: stabilitas politik, kriminalitas, ekonomi, kebebasan pribadi, layanan kesehatan, sistem pembuangan limbah, kualitas air & udara, sekolah, fasilitas umum, transportasi, perumahan, dan iklim. Mereka juga memperhitungkan keberadaan restoran, teater, sarana olahraga, ketersediaan barang-barang, dan catatan bencana alam.
Menurut Mercer dalam situsnya, "Jutaan orang tampak antusias ketika dikonfirmasi oleh petugas survei kami. Umumnya mereka menyatakan: Wina adalah yang terbaik dalam segala hal!"
Selain Wina, kota-kota lain di dunia yang masuk dalam daftar 10 besar kota terbaik/paling layak huni di dunia ini adalah: Zurich dan Jenewa (Swiss), Vancouver (Kanada), Auckland (New Zealand), Dusseldorf, Munich dan Frankfurt (Jerman), Bern (Swiss), serta Sydney (Australia).
Sementara itu negara adidaya Amerika Serikat, diwakili oleh Honolulu yang masuk pada urutan 31, diikuti oleh San Francisco dan Boston pada peringkat 33 dan 37. Meskipun kota-kota di AS tidak termasuk buruk dalam penyediaan fasilitas umum, Mercer menilai aktor keselamatan di sana dinilai lebih lemah sehingga kalah bersaing dengan kota-kota di Eropa Barat.
"Ketersediaan senjata kelihatannya dapat menjadi masalah di sana," menurut salah seorang peneliti.
Jakarta sendiri, tidak masuk dalam 50 besar kota terbaik. Asia Tenggara hanya diwakili Singapura yang masuk dalam urutan ke-28. Tiga kota lain di Asia, Tokyo, Kobe, dan Yokohama -- semuanya di Jepang - menduduki peringkat 40-an. Mercer menyebut, kota-kota di Asia tidak mendapat peringkat terlalu tinggi karena meningkatnya ancaman kekerasan dan terorisme, ditambah dengan bencana alam seperti gempa bumi, topan, dan badai.
 

4.5

No comments:

Post a Comment