Saturday, January 14, 2012

Suami Istri Ini Telah Menikah 86 Tahun

Hotel Murah di Jakarta via klikHotel.com

Karam dan Kartari (bbc.co.uk)
 
Motivarts - Suami istri, Karam dan Kartari bisa jadi adalah pasangan dengan pernikahan terlama di Inggris, saat ini. Karam dan Kartari diketahui telah membinta rumah tangga selama 86 tahun.
Karam Chand lahir di sebuah desa kecil di pedesaan wilayah Punjab, India utara pada 1905. Keluarganya bekerja sebagai petani dan sesuai dengan kebiasaan waktu itu, ia menikah di usia muda.

Sementara, sang istri, Kartari, lahir di distrik yang sama pada 1912. Catatan itu diperoleh dari paspor yang mereka miliki.  Mereka menikah dalam sebuah upacara pernikahan 'Sikh' pada 1925.

Karam yang datang bersama keluarganya ke Bradford pada 1965, mengatakan,  tidak ada rahasia khusus untuk bisa hidup dalam pernikahan pada jangka waktu yang lama.

"Makan dan minumlah apa yang diinginkan, tetapi tidak berlebih-lebihan. Saya tidak pernah menahan diri dari menikmati hidup," kata Karam, seperti dikutip dalam laman BBC.
Karam yang saat ini berusia 106 tahun masih menghisap satu batang rokok sehari, sebelum makan malam. Ia juga menenggak wiski atau brendi 3-4 kali sepekan.
Karam dan Kartari tinggal bersama putra bungsu mereka, Satpal dan istrinya. Kartari mengungkapkan, bisa menikah selama 86 tahun adalah berkah. Ia pun menyerahkan segalanya kepada Tuhan.
"Kami tahu bahwa menikah selama 86 tahun adalah berkah, namun kami sama-sama siap untuk pergi ketika saatnya tiba, itu semua terserah kehendak Tuhan, tapi kami benar-benar telah menjalani kehidupan yang baik," ujarnya.
Di sisi lain, Kartari tak sabar menerima surat ucapan selamat dari Ratu Inggris pada tahun ini, saat merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Ia pun lebih memperhatikan kondisis tubuhnya agar tetap dalam kondisi bugar dan sehat.

"Kami selalu makan makanan sehat yang baik, tidak ada bahan makanan buatan, namun kami menyukai ghee (mentega), susu dan yogurt segar," kata Kartari.

Kartari mengatakan, dia dan suaminya menikmati melakukan banyak hal, seperti makan makanan bersama-sama dan pergi ke kuil suci. Namun, saat ini, Karam tidak dapat berjalan tanpa bantuan dan lebih membutuhkan perawatan dibanding istrinya yang masih aktif dan bahkan masih memiliki gigi sendiri.

4.5

No comments:

Post a Comment